Ads

Ads

Selasa, 24 Mei 2016

Contoh Sintak Model Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran (5M)

Posted by Unknown at 19.06.00 0 Comments


Contoh Sintak Model Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran (5M)


Sintaks Problem based learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
Mengorientasi peserta didik pada masalah
Melihat video atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi


Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum berkenaan dengan kelangkaan
Mencari informasi mengenai keadaan yang menggambarkan keadaan dengan beberapa pilihan
mencari literatur tentang masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
mencari informasi mengenai sistem ekonomi yang ada


Mempresentasikan/menyampaikan hasil analisis terhadap  tayangan video atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi

Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran

Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut yang berkaitan dengan kelangkaan
Diskusi kelas tentang suatu konsep kelangkaan
Diskusi kelas mengenai opportunity cost
Diskusi Kelas mengenai skala prioritas dan pengelolaan keuangan
Diskusi tentang masalah pokok ekonomi dan penerapan sistem  ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi



Membimbing Penyelidikan Mandiri


Menafsirkan konsep kelangkaan, biaya peluang dan alternatif pilihan yang diambil berdasarkan skala prioritas
mengkaji masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
menyelesaikan masalah ekonomi dengan menerapkan sistem ekonomi yang sesuai


Mengembangkan dan Menyajikan Karya





Analisis dan Evaluasi



menganalisis hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem ekonomi tertentu
Menyimpulkan konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta pemecahan masalah pokok ekonomi dengan menggunakan sistem ekonomi tertentu dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
membuat  hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem ekonomi tertentu

















Sintak
Discovery Learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
Stimulation
(Pemberian Stimulus)
mendiskusikan dampak dari kecerobohan dalam melakukan pengukuran,misalnya tidak tepat dan tidak teliti pada saat melakukan pengamatan.




Problem Satatement
(Identifikasi Masalah)
Kelompok mendikusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
Mendiskusikan cara mengukur yang tepat dan teliti


Data Callecting
(Mengumpul-kan Data)


Mencoba menggunakan alat ukur
Praktik,pengukuran massa jenis batu kerikil


Data Processing
(Mengolah Data)



Mengolah data, membuat grafik, dan persamaan regresi,

Verification
(Menguji Hasil)



mengitung kesalahan pengukuran

Generalization
(Menyimpulkan)



Menyusun kesimpulan percobaan
Membuat laporan tertulis









Sintaks Project Based learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomuni-kasikan
Essential question (Penentuan proyek)

Mengamati fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Mengidentifikasi masalah untuk memperoleh masalah yang pokok sebagai landasan untuk melakukan penelitian sosial dan kemudian dikembangkan menjadi rumusan masalah



Designing Project Plan (perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek)



Menyusun rancangan penilitian sosial.
Menyusun intrumen penelitian


Creating Schedule (penyusunan jadwal pelaksanaan proyek)



Membuat jadwal penelitian (rencana, pelaksanaan, dan pelaporan)


Monitor the progress (penyelesaian proyekdengan fasilitasi dan monitoring guru)



Pengumpulan data penelitian
Guru memonitor aktivitas peserta didik selama proses penelitian


Assess the outcome (penyusunan laporan dan presentasi/publikasihasil proyek)




Analisis data penelitian
Guru melakukan evaluasi tentang apa yang telah dilakukan oleh peserta didik

Evaluate the experiment (evaluasi proses dan hasil proyek)




Membuat kesimpulan dan laporan hasil penelitian tentang fenomena sosial
Mempresentasikan hasil penelitian tentang fenomena sosial
Melakukan refleksi bersama guru dg peserta didik

Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Labels

Text Widget

Blogroll

Recent News

Powered by Blogger.
back to top