Contoh Sintak Model Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran (5M)
Sintaks Problem based learning
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomunikasikan
|
|
Mengorientasi peserta didik pada masalah
|
Melihat video atau gambar atau
berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku
pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi
|
Mencari informasi tentang
kondisi ekonomi secara umum berkenaan dengan kelangkaan
Mencari informasi mengenai
keadaan yang menggambarkan keadaan dengan beberapa pilihan
mencari literatur tentang
masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
mencari informasi mengenai
sistem ekonomi yang ada
|
Mempresentasikan/menyampaikan
hasil analisis terhadap tayangan video
atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku
pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi
|
||
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
|
Diskusi
kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut yang berkaitan dengan
kelangkaan
Diskusi kelas
tentang suatu konsep kelangkaan
Diskusi
kelas mengenai opportunity cost
Diskusi Kelas
mengenai skala prioritas dan pengelolaan keuangan
Diskusi
tentang masalah pokok ekonomi dan penerapan sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi
|
||||
Membimbing
Penyelidikan Mandiri
|
Menafsirkan
konsep kelangkaan, biaya peluang dan alternatif pilihan yang diambil
berdasarkan skala prioritas
mengkaji
masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
menyelesaikan
masalah ekonomi dengan menerapkan sistem ekonomi yang sesuai
|
||||
Mengembangkan
dan Menyajikan Karya
|
|||||
Analisis
dan Evaluasi
|
menganalisis
hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan
berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem
ekonomi tertentu
Menyimpulkan
konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas dan berpikir rasional dalam
mengelola keuangan serta pemecahan
masalah pokok ekonomi dengan menggunakan sistem ekonomi tertentu dalam bentuk
media (lisan dan tulisan)
membuat hubungan
antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir
rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi
dengan sistem ekonomi tertentu
|
Sintak
Discovery
Learning
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomunikasikan
|
|
Stimulation
(Pemberian Stimulus)
|
mendiskusikan dampak dari kecerobohan dalam melakukan pengukuran,misalnya
tidak tepat dan tidak teliti pada saat melakukan pengamatan.
|
||||
Problem
Satatement
(Identifikasi Masalah)
|
Kelompok mendikusikan rumusan masalah, tujuan dan
langkah kerja yang dilakukan
|
Mendiskusikan cara mengukur yang tepat dan teliti
|
|||
Data Callecting
(Mengumpul-kan Data)
|
Mencoba menggunakan alat ukur
Praktik,pengukuran massa jenis batu kerikil
|
||||
Data Processing
(Mengolah Data)
|
Mengolah data, membuat grafik, dan persamaan regresi,
|
||||
Verification
(Menguji Hasil)
|
mengitung kesalahan pengukuran
|
||||
Generalization
(Menyimpulkan)
|
Menyusun kesimpulan percobaan
|
Membuat laporan tertulis
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
|||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomuni-kasikan
|
|
Essential
question (Penentuan proyek)
|
Mengamati fenomena sosial yang terjadi
di masyarakat
|
Mengidentifikasi masalah untuk
memperoleh masalah yang pokok sebagai landasan untuk melakukan penelitian
sosial dan kemudian dikembangkan menjadi rumusan masalah
|
|||
Designing
Project Plan (perancangan langkah-langkah
penyelesaian proyek)
|
Menyusun rancangan penilitian sosial.
Menyusun intrumen penelitian
|
||||
Creating
Schedule (penyusunan jadwal pelaksanaan
proyek)
|
Membuat jadwal penelitian (rencana, pelaksanaan, dan pelaporan)
|
||||
Monitor the
progress (penyelesaian proyekdengan
fasilitasi dan monitoring guru)
|
Pengumpulan data penelitian
Guru memonitor aktivitas peserta didik selama proses penelitian
|
||||
Assess the
outcome (penyusunan laporan dan presentasi/publikasihasil
proyek)
|
Analisis data
penelitian
Guru melakukan evaluasi tentang apa yang
telah dilakukan oleh peserta didik
|
||||
Evaluate the
experiment (evaluasi proses dan hasil proyek)
|
Membuat kesimpulan dan laporan hasil penelitian tentang fenomena sosial
|
Mempresentasikan hasil penelitian tentang fenomena sosial
Melakukan refleksi bersama guru dg
peserta didik
|
0 komentar: