FORMAT
RPP
PENDEKATAN
SAINTIFIK SECARA UMUM
DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Matapelajaran
:
Kelas
/ Semester :
Materi Pokok :
A.
Kompetensi
Inti
B.
Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian
|
1
|
KD pada KI-1
|
1.1. ..............
1.2. ..............
|
2
|
KD pada KI-2
|
2.1. ...............
2.2. ...............
|
3
|
KD pada KI-3
|
3.1. ...............
3.2. ...............
|
4
|
KD pada KI-4
|
4.1. ...............
4.2. ...............
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi *)
1.
Indikator KD pada KI-1
1.1....
1.2....
2.
Indikator KD pada KI-2
1.1....
1.2....
3.
Indikator KD pada KI-3
1.1....
1.2....
4.
Indikator KD pada KI-4
1.1....
1.2....
D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan
buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian,
konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi
untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: ( ......JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
…………………………………..
·
………………………………….
·
…………………………………..
|
|
Inti **)
|
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengkomunikasikan
|
|
Penutup
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
2. Pertemuan Kedua: ( ......JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
…………………………………..
·
………………………………….
·
…………………………………..
|
|
Inti **)
|
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengkomunikasikan
|
|
Penutup
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
3. Pertemuan seterusnya
F.
Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian
kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan
Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian)
G.
Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
*) Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda.
Indikator
untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan
KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku
umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai
dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan
dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik
yang dapat diamati dan terukur.
**) Pada kegiatan inti, kelima
pengalaman belajar tidak harus muncul
seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi
dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan
pembelajaran. Setiap langkah
pembelajaran dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.
FORMAT
RPP SAINTIFIK
DENGAN
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING
DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi
Inti
B. Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian
|
1
|
KD pada KI-1
|
1.1. ..............
1.2. ..............
|
2
|
KD pada KI-2
|
2.1. ...............
2.2. ...............
|
3
|
KD pada KI-3
|
3.1. ...............
3.2. ...............
|
4
|
KD pada KI-4
|
4.1. ...............
4.2. ...............
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a. Indikator
KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b. Indikator
KD pada KI-2
2.1. ...
2.2. ...
c. Indikator
KD pada KI-3
3.1. ...
3.2. ...
d. Indikator
KD pada KI-4
4.1.
...
4.2.
...
D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan
buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian,
konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi
untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: ( ......JP)
Kegiat
an
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
Inti
|
· Stimulation (pemberian rangsangan)
·
Identifikasi masalah
· Pengumpulan data
· Pengolahan data
·
Pembuktian
· Kesimpulan/generalisasi
|
|
Penutup
|
|
2. Pertemuan Kedua: ( ......JP)
Kegiat
an
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
Inti
|
· Stimulation (pemberian rangsangan)
·
Identifikasi masalah
· Pengumpulan data
· Pengolahan data
·
Pembuktian
· Kesimpulan/generalisasi
|
|
Penutup
|
|
3. Pertemuan seterusnya
F.
Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian
kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan
Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian)
G. Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
FORMAT
RPP
DENGANPENERAPAN
PROJECT BASED LEARNING
DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi
Inti
B. Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian
|
1
|
KD pada KI-1
|
1.1. ..............
1.2. ..............
|
2
|
KD pada KI-2
|
2.1. ...............
2.2. ...............
|
3
|
KD pada KI-3
|
3.1. ...............
3.2. ...............
|
4
|
KD pada KI-4
|
4.1. ...............
4.2. ...............
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a. Indikator
KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b. Indikator
KD pada KI-2
2.1. ...
2.2. ...
c. Indikator
KD pada KI-3
3.1. ...
3.2. ...
d. Indikator
KD pada KI-4
4.1.
...
4.1.
...
D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan
buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian,
konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi
untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama (
.......JP)
Kegiat
an
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
…………………………………..
·
………………………………….
|
|
Inti
|
· Penentuan Proyek
· Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
· Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek
· Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
· Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Proyek
· Evaluasi proses dan hasil Proyek
|
|
Penutup
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
2.
Pertemuan kedua ( .......JP)
Kegiat
an
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
||
Inti
|
· Penentuan Proyek
· Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
· Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek
· Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
· Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil
Proyek
· Evaluasi proses dan hasil Proyek
|
|
Penutup
|
|
3.
Pertemuan seterusnya
F.
Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian
kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan
Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian)
G. Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
FORMAT
RPP
DENGAN
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING
DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi
Inti
B. Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian
|
1
|
KD pada KI-1
|
1.1. ..............
1.2. ..............
|
2
|
KD pada KI-2
|
2.1. ...............
2.2. ...............
|
3
|
KD pada KI-3
|
3.1. ...............
3.2. ...............
|
4
|
KD pada KI-4
|
4.1. ...............
4.2. ...............
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a. Indikator
KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b. Indikator
KD pada KI-2
2.1. ...
2.2. ...
c. Indikator
KD pada KI-3
3.1. ...
3.2. ...
d. Indikator
KD pada KI-4
4.1. ...
4.2. ...
D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan
buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian,
konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi
untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama ( .......JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
|
Inti
|
·
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
·
Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
·
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
·
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
·
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
|
Penutup
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
2.
Pertemuan kedua (.......JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
|
Inti
|
·
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
·
Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
·
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
·
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
·
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
|
Penutup
|
·
………………………………….
·
………………………………….
|
3.
Pertemuan seterusnya ( .......JP)
A.
Penilaian
1.
Aspek Sikap
(observasi, penilaian diri, penilaian antar siswa, jurnal)
Indikator (misalnya):
santun, peduli, jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri
2. Aspek Pengetahuan ( tes tertulis dan lisan. Tes tertulis misalnya:
PG, isian, jawaban singkat, benar salah, mencodohkan dan uraian)
3. Aspek Ketrampilan ( praktik, project, portopolio)
4. Rubrik Penilaian/Pedoman penskoran
5. Instrumen: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian
kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan
Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian
portofolio
Lampiran
: Kata Kerja Operasional
Ranah
Kognitif
|
|||||
Pengetahuan (C1)
|
Pemahaman(C2)
|
Penerapan (C3)
|
Analisis (C4)
|
Sintesis (C5)
|
Penilaian (C6)
|
Mengutip
|
Menambah
|
Memerlukan
|
Menganalisis
|
Mengabstraksi
|
Mempertimbangkan
|
Menyebutkan
|
Memperkirakan
|
Menyesuaikan
|
Mengaudit/memeriksa
|
Menganimasi
|
Menilai
|
Menjelaskan
|
Menjelaskan
|
Mengalokasikan
|
Membuat
blueprint
|
Mengatur
|
Membandingkan
|
Menggambar
|
Mengkategorikan
|
Mengurutkan
|
Membuat
garis besar
|
Mengumpulkan
|
Menyimpulkan
|
Membilang
|
Mencirikan
|
Menerapkan
|
Memecahkan
|
Mendanai
|
Mengkontraskan
|
Mengidentifikasi
|
Merinci
|
Menentukan
|
Mengkarakteristikkan
|
Mengkategorikan
|
Mengarahkan
|
Mendaftar
|
Mengasosiasikan
|
Menugaskan
|
Membuat
dasar pengelompokkan
|
Mengkode
|
Mengkritik
|
Menunjukkan
|
Membandingkan
|
Memperoleh
|
Merasionalkan
|
Mengkombinasikan
|
Menimbang
|
Memberi
label
|
Menghitung
|
Mencegah
|
Menegaskan
|
Menyusun
|
Mempertahankan
|
Membuat
index
|
Mengkontraskan
|
Mencanagkan
|
Membuat
dasar pengkontras
|
Mengarang
|
Memutuskan
|
Memasangkan
|
Mengubah
|
Mengkalkulasi
|
Mengkorelasikan
|
Membangun
|
Memisahkan
|
Menemutunjukkan
|
Mempertahankan
|
Menangkap
|
Mendeteksi
|
Menanggulangi
|
Memprediksi
|
Menamai
|
Menguraikan
|
Memodifikasi
|
Mendiagnosis
|
Menghubungkan
|
Menilai
|
Membuat
kerangka
|
Menjalin
|
Mengklasifikasikan
|
Mendiagramkan
|
Menciptakan
|
Memperjelas
|
Menandai
|
Membedakan
|
Melengkapi
|
Mendiversifikasikan
|
Mengkreasikan
|
Merangking
|
Membaca
|
Mendiskusikan
|
Menghitung
|
Menyeleksi
|
Mengkoreksi
|
Menugaskan
|
Menyadari
|
Mengunggulkan
|
Membangun
|
Memerinci
ke bagaian-bagian
|
Memotret
|
Menafsirkan
|
Menghapal
|
Menggali
|
Membiasakan
|
Menominasikan
|
Merancang
|
Memberi
pertimbangan
|
Meniru
|
Mengira
|
Mendemonstrasikan
|
Mendokumentasikan
|
Mengembangkan
|
Membenarkan
|
Mencatat
|
Mencontohkan
|
Menurunkan
|
Menjamin
|
Merencanakan
|
Mengukur
|
Mengulang
|
Menerangkan
|
Menentukan
|
Menguji
|
Mendikte
|
Memproyeksi
|
Mereproduksi
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Mencerahkan
|
Meningkatkan
|
Memerinci
|
Meninjau
|
Memperluas
|
Menggambarkan
|
Menjelajah
|
Memperjelas
|
Menggradasi
|
Memilih
|
Mempolakan
|
Menemukan kembali
|
Membagankan
|
Memfasilitasi
|
Merentangkan
|
Menyatakan
|
Memfaktorkan
|
Membagankan
|
Memfile
|
Membentuk
|
Merekomendasikan
|
Mempelajari
|
Menggeneralisasikan
|
Menggunakan
|
Membuat kelompok
|
Merumuskan
|
Melepaskan
|
Mentabulasi
|
Memberikan
|
Menilai
|
Mengidentifikasi
|
Menggeneralisasi
|
Memilih
|
Memberi kode
|
Menmyimpulkan
|
Melatih
|
Mengilustrasikan
|
Menumbuhkan
|
Merangkuin
|
Menelusuri
|
Berinteraksi
|
Menggali
|
Menyimpulkan
|
Menangani
|
Mendukung
|
Menulis
|
Mengumpulkan
|
Membuka
|
Menginterupsi
|
Mengirim
|
Mengetes
|
Memaknai
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Memperbaiki
|
Memvalidasi
|
|
Mengamati
|
Membuat faktor
|
Menelaah
|
Menggabungkan
|
Membuktikan kembali
|
|
MerLimuskan kembali
|
Membuat gambar
|
Menata
|
Memadukan
|
||
Mcnggraflkkan
|
Membuat
grafik
|
Mengclola
|
Membatasi
|
||
Meramalkan
|
Menangani
|
Memaksimalkan
|
Menggabungkan
|
||
Memperbaiki
|
Mengilustrasikan
|
Meninimalkan
|
Mengajar
|
||
Menulis kembali
|
Mengadaptasi
|
Mengoptimalkan
|
Membuat model
|
||
Membuat abstraksi
|
Menyelidiki
|
Memerintahkan
|
Mengimprovisasi
|
||
Merangkum
|
Memanipulasi
|
Menggarisbesarkan
|
Membuat jaringan
|
||
Menjabarkan
|
Mempercantik
|
Memberi tanda/kode
|
Mengorganisasikan
|
||
Mengkomunikasikan secara visual
|
Mengoperasikan
|
Memprioritaskan
|
Mensketsa
|
||
Mempersoalkan
|
Mengedit
|
Mereparasi
|
Mengkonsepkan
|
Menanyakan
|
Merencanakan
|
|||
Melaksanakan
|
Mengaitkan
|
Menampilkan
|
|||
Meramalkan
|
Memilih
|
Menyiapkan
|
|||
Menyiapkan
|
Memilah
|
Meresepkan
|
|||
Memberi harga
|
Mengukur
|
Memproduksi
|
|||
Memproses
|
Membagi ulang
|
Membuat program
|
|||
Memproduksi
|
Melatih
|
Menata ulang
|
|||
Memproyeksikan
|
Mentransfer
|
Merekonstruksi
|
|||
Melindungi
|
Mencari referensi
|
||||
Menyediakan
|
Menggunakan referensi
|
||||
Mengakitkan
|
Mereterensikan
|
||||
Melingkari
|
Memperbaiki
|
||||
Menyusun
|
Menuliskan kembali
|
||||
MeiTi pert li njukkan
|
Menspesifikasikan
|
||||
Mensimulasikan
|
Merangkum
|
||||
Mensketsakan
|
Mengkomposisikan
|
||||
Memecahkan
|
|||||
Melanggankan
|
|||||
Mentabulasi
|
|||||
Membuat transkrip
|
|||||
Menterjemahkan
|
|||||
Melakukan
|
Ranah Psikomotor |
|||
Mengaktifkan
|
Mengoreksi
|
Melonggrakan
|
Mengalihkan
|
Menyesuaikan
|
Mengkreasikan
|
Membuat
|
Memecahkan masalah
|
Menggabungkan
|
Mendemonstrasikan
|
Memanipulasi
|
Menempel
|
Melamar
|
Merancang
|
Mereparasi
|
Memadankan
|
Mengatur
|
Memilah
|
Mencampur
|
Menjeniskan
|
Mengumpulkan
|
Mclatih
|
Memmaku
|
Menjahit
|
Menimbang
|
Mengericangkan
|
Mengoperasikan
|
Mernpertajam
|
Memperkecil
|
Memperbaiki
|
Menjalankan
|
Membentuk
|
Membangun
|
Mengikuti
|
Menekan
|
Mensketsa
|
Mengkalibrasi
|
Menggiling
|
Memproduksi
|
Memulai
|
Mcngubah
|
Mcmcgang
|
Menarik
|
Menyetir
|
Membersihkan
|
Memalu
|
Mendorong
|
Menggunakan
|
Menutup
|
Memanaskan
|
Memindahkan
|
Menimbang
|
Mengkombinasikan
|
Menggantung
|
Memperbaiki
|
Membungkus
|
Memposisikan
|
Mengidentifikasikan
|
Menggantikan
|
Mengemas
|
Menyambungkan
|
Mengisi
|
Memutar
|
|
Mengkonstruksi
|
Menempatkan
|
Menggirim
|
Ranah Afektif |
||||
Menerima
|
Menanggapi
|
Bekerja sama
|
Menganut
|
Menghayati
|
Mernpertanyakan
|
Bertanggiingjawab
|
Mengasumsikan langgungjawab
|
Mengubah
|
Bertindak
|
Memilih
|
Mem ban tu
|
Meyakini
|
Menata
|
Mengubah perilaku
|
Mengikuti
|
Mengajukan
|
Melengkapi
|
Mengklasifikasikan
|
Berakhlak mulia
|
Memberi
|
Mengkompromikan
|
Meyakinkan
|
Mengkombinasikan
|
Berfilosofi
|
Menmganut
|
Menyenangi
|
Memperjelas
|
Mempertahankan
|
Mempengaruhi-
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Membedakan
|
Membangun
|
Menimbang masalah
|
Meminati
|
Mendukung
|
Beriman
|
Membentuk pendapat
|
Mendengarkan
|
Menyetujui
|
Memprakarsai
|
Menunjukkan dengan
|
Mengajukan usulan
|
|
Menampilkan
|
Mengundang
|
Meinadiikan
|
Mengkualifikasi
|
|
Melaksanakan
|
Menggabungkan
|
Mengelola
|
Mempertanyakan'
|
|
Menampilkan
|
Memperjelas
|
Menimbang alternatif
|
Melayani
|
|
Melaporkan
|
Berperanserta
|
Menegosiasi
|
Menunjukka kematangan/kedewasaan
|
|
Memilih
|
Mengusulkan
|
Berembuk
|
Memecahkan
|
|
Mengatakan
|
Menekankan
|
Bersilang pendapat
|
Membuktikan kembali
|
|
Membuat pertanyaan
|
Berbagi
|
|||
Memilah
|
Menyumbang
|
|||
Menolak
|
Bekerjakeras
|
0 komentar: