Ads

Ads

Selasa, 24 Mei 2016

RPP SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD No. 103 TAHUN 2014

Posted by Unknown at 19.09.00 0 Comments


                FORMAT RPP
PENDEKATAN SAINTIFIK SECARA UMUM
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Sekolah                       : 
Matapelajaran              : 
Kelas / Semester          : 
Materi Pokok              : 
Alokasi Waktu            : 

A.     Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar

No.
Kompetensi Dasar
Uraian
1
KD pada KI-1
1.1. ..............
1.2. ..............
2
KD pada KI-2
2.1. ...............
2.2. ...............
3
KD pada KI-3
3.1. ...............
3.2. ...............
4
KD pada KI-4
4.1. ...............
4.2. ...............


C.       Indikator Pencapaian Kompetensi *)
1.    Indikator KD pada KI-1
1.1....
1.2....
2.    Indikator KD pada KI-2
1.1....
1.2....
3.    Indikator KD pada KI-3
1.1....
1.2....
4.    Indikator KD pada KI-4
1.1....
1.2....
D.      Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama: ( ......JP)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      …………………………………..
·      ………………………………….
·      …………………………………..

Inti **)
·      Mengamati
·      Menanya
·      Mengumpulkan informasi/mencoba
·      Menalar/Mengasosiasi
·      Mengkomunikasikan


Penutup
·      ………………………………….
·      ………………………………….


2.    Pertemuan Kedua: ( ......JP)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      …………………………………..
·      ………………………………….
·      …………………………………..

Inti **)
·      Mengamati
·      Menanya
·      Mengumpulkan informasi/mencoba
·      Menalar/Mengasosiasi

·      Mengkomunikasikan


Penutup
·      ………………………………….
·      ………………………………….

3.    Pertemuan seterusnya

F.        Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian
2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua
c.    Pertemuan seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.    Pembelajaran Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian)
G.      Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
2.    Bahan
3.    Sumber Belajar
*)      Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda.
Indikator untuk  KD yang diturunkan  dari KI-1 dan  KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku  umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3  dan KI-4  dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.
**)    Pada kegiatan inti,  kelima pengalaman  belajar tidak harus muncul seluruhnya  dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran.  Setiap langkah pembelajaran dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.













FORMAT RPP SAINTIFIK
DENGAN PENERAPAN DISCOVERY LEARNING
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            :
Mata Pelajaran                 :
Kelas/Semester                :
Materi Pokok                   :
Alokasi Waktu                :

A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar

No.
Kompetensi Dasar
Uraian
1
KD pada KI-1
1.1. ..............
1.2. ..............
2
KD pada KI-2
2.1. ...............
2.2. ...............
3
KD pada KI-3
3.1. ...............
3.2. ...............
4
KD pada KI-4
4.1. ...............
4.2. ...............


C.       Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a.    Indikator KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b.    Indikator KD pada KI-2
2.1. ...
2.2. ...
c.    Indikator KD pada KI-3
3.1. ...
3.2. ...
d.   Indikator KD pada KI-4
4.1. ...
4.2. ...
D.      Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama: ( ......JP)

Kegiat
an
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….

Inti
·     Stimulation (pemberian rangsangan)
·     Identifikasi masalah
·     Pengumpulan data
·     Pengolahan data
·     Pembuktian
·     Kesimpulan/generalisasi


Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………


2.    Pertemuan Kedua: ( ......JP)

Kegiat
an
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….

Inti
·     Stimulation (pemberian rangsangan)
·     Identifikasi masalah
·     Pengumpulan data
·     Pengolahan data
·     Pembuktian
·     Kesimpulan/generalisasi


Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………


3.    Pertemuan seterusnya

F.        Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian
2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua
c.    Pertemuan seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.    Pembelajaran Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian)
G.      Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
2.    Bahan
3.    Sumber Belajar
































FORMAT RPP
DENGANPENERAPAN PROJECT BASED LEARNING
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Sekolah                :
Mata Pelajaran     :
Kelas/Semester    :
Materi Pokok       :
Alokasi Waktu     :

A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar

No.
Kompetensi Dasar
Uraian
1
KD pada KI-1
1.1. ..............
1.2. ..............
2
KD pada KI-2
2.1. ...............
2.2. ...............
3
KD pada KI-3
3.1. ...............
3.2. ...............
4
KD pada KI-4
4.1. ...............
4.2. ...............


C.       Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a.    Indikator KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b.    Indikator KD pada KI-2
2.1. ...
2.2. ...
c.    Indikator KD pada KI-3
3.1.   ...
3.2.   ...
d.   Indikator KD pada KI-4
4.1. ...
4.1. ...
D.      Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan pertama ( .......JP)

Kegiat
an
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   …………………………………..
·   ………………………………….


Inti

·  Penentuan Proyek
·  Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
·  Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek
·  Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
·  Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Proyek
·  Evaluasi proses dan hasil Proyek


Penutup
·  ………………………………….
·  ………………………………….


2.         Pertemuan kedua ( .......JP)

Kegiat
an
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan



Inti

·  Penentuan Proyek
·  Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
·  Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek
·  Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
·  Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Proyek
·  Evaluasi proses dan hasil Proyek


Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………….


3.         Pertemuan seterusnya

F.        Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian
2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua
c.    Pertemuan seterusnya
Instrumen penilaian: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3.    Pembelajaran Remidial dan Pengayaan ( pembelajaran remidial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian)
G.      Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
2.    Bahan
3.    Sumber Belajar




















FORMAT RPP
DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Sekolah                            :
Mata Pelajaran                 :
Kelas/Semester                :
Materi Pokok                   :
Alokasi Waktu                :

A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar

No.
Kompetensi Dasar
Uraian
1
KD pada KI-1
1.1. ..............
1.2. ..............
2
KD pada KI-2
2.1. ...............
2.2. ...............
3
KD pada KI-3
3.1. ...............
3.2. ...............
4
KD pada KI-4
4.1. ...............
4.2. ...............


C.       Indikator Pencapaian Kompetensi *)
a.    Indikator KD pada KI-1
1.1. ...
1.2. ...
b.    Indikator KD pada KI-2
2.1.   ...
2.2.   ...
c.    Indikator KD pada KI-3
3.1.   ...
3.2.   ...
d.   Indikator KD pada KI-4
4.1.   ...
4.2.   ...
D.      Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan dan remidial)
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan pertama ( .......JP)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     ………………………………….
·     ………………………………….


Inti

·      Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
·      Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·      Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
·      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Penutup
·     ………………………………….
·     ………………………………….



2.      Pertemuan kedua (.......JP)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     ………………………………….
·     ………………………………….


Inti

·      Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
·      Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·      Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
·      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Penutup
·     ………………………………….
·     ………………………………….


3.      Pertemuan seterusnya ( .......JP)

A.      Penilaian
1.    Aspek Sikap (observasi, penilaian diri, penilaian antar siswa, jurnal)
Indikator (misalnya): santun, peduli, jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri
2.    Aspek Pengetahuan ( tes tertulis dan lisan. Tes tertulis misalnya: PG, isian, jawaban singkat, benar salah, mencodohkan dan uraian)
3.    Aspek Ketrampilan ( praktik, project, portopolio)
4.    Rubrik Penilaian/Pedoman penskoran
5.    Instrumen: daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio







Lampiran : Kata Kerja Operasional
Ranah Kognitif
Pengetahuan (C1)
Pemahaman(C2)
Penerapan (C3)
Analisis (C4)
Sintesis (C5)
Penilaian (C6)
Mengutip
Menambah
Memerlukan
Menganalisis
Mengabstraksi
Mempertimbangkan
Menyebutkan
Memperkirakan
Menyesuaikan
Mengaudit/memeriksa
Menganimasi
Menilai
Menjelaskan
Menjelaskan
Mengalokasikan
Membuat blueprint
Mengatur
Membandingkan
Menggambar
Mengkategorikan
Mengurutkan
Membuat garis besar
Mengumpulkan
Menyimpulkan
Membilang
Mencirikan
Menerapkan
Memecahkan
Mendanai
Mengkontraskan
Mengidentifikasi
Merinci
Menentukan
Mengkarakteristikkan
Mengkategorikan
Mengarahkan
Mendaftar
Mengasosiasikan
Menugaskan
Membuat dasar pengelompokkan
Mengkode
Mengkritik
Menunjukkan
Membandingkan
Memperoleh
Merasionalkan
Mengkombinasikan
Menimbang
Memberi label
Menghitung
Mencegah
Menegaskan
Menyusun
Mempertahankan
Membuat index
Mengkontraskan
Mencanagkan
Membuat dasar pengkontras
Mengarang
Memutuskan
Memasangkan
Mengubah
Mengkalkulasi
Mengkorelasikan
Membangun
Memisahkan
Menemutunjukkan
Mempertahankan
Menangkap
Mendeteksi
Menanggulangi
Memprediksi
Menamai
Menguraikan
Memodifikasi
Mendiagnosis
Menghubungkan
Menilai
Membuat kerangka
Menjalin
Mengklasifikasikan
Mendiagramkan
Menciptakan
Memperjelas
Menandai
Membedakan
Melengkapi
Mendiversifikasikan
Mengkreasikan
Merangking
Membaca
Mendiskusikan
Menghitung
Menyeleksi
Mengkoreksi
Menugaskan
Menyadari
Mengunggulkan
Membangun
Memerinci ke bagaian-bagian
Memotret
Menafsirkan
Menghapal
Menggali
Membiasakan
Menominasikan
Merancang
Memberi pertimbangan

Meniru
Mengira
Mendemonstrasikan
Mendokumentasikan
Mengembangkan
Membenarkan
Mencatat
Mencontohkan
Menurunkan
Menjamin
Merencanakan
Mengukur
Mengulang
Menerangkan
Menentukan
Menguji
Mendikte
Memproyeksi
Mereproduksi
Mengemukakan
Menemukan
Mencerahkan
Meningkatkan
Memerinci
Meninjau
Memperluas
Menggambarkan
Menjelajah
Memperjelas
Menggradasi
Memilih
Mempolakan
Menemukan kembali
Membagankan
Memfasilitasi
Merentangkan
Menyatakan
Memfaktorkan
Membagankan
Memfile
Membentuk
Merekomendasikan
Mempelajari
Menggeneralisasikan
Menggunakan
Membuat kelompok
Merumuskan
Melepaskan
Mentabulasi
Memberikan
Menilai
Mengidentifikasi
Menggeneralisasi
Memilih
Memberi kode
Menmyimpulkan
Melatih
Mengilustrasikan
Menumbuhkan
Merangkuin
Menelusuri
Berinteraksi
Menggali
Menyimpulkan
Menangani
Mendukung
Menulis
Mengumpulkan
Membuka
Menginterupsi
Mengirim
Mengetes

Memaknai
Mengemukakan
Menemukan
Memperbaiki
Memvalidasi

Mengamati
Membuat faktor
Menelaah
Menggabungkan
Membuktikan kembali

MerLimuskan kembali
Membuat gambar
Menata
Memadukan


Mcnggraflkkan
Membuat grafik
Mengclola
Membatasi


Meramalkan
Menangani
Memaksimalkan
Menggabungkan


Memperbaiki
Mengilustrasikan
Meninimalkan
Mengajar


Menulis kembali
Mengadaptasi
Mengoptimalkan
Membuat model


Membuat abstraksi
Menyelidiki
Memerintahkan
Mengimprovisasi


Merangkum
Memanipulasi
Menggarisbesarkan
Membuat jaringan


Menjabarkan
Mempercantik
Memberi tanda/kode
Mengorganisasikan


Mengkomunikasikan secara visual
Mengoperasikan
Memprioritaskan
Mensketsa



Mempersoalkan
Mengedit
Mereparasi




Mengkonsepkan
Menanyakan
Merencanakan



Melaksanakan
Mengaitkan
Menampilkan



Meramalkan
Memilih
Menyiapkan



Menyiapkan
Memilah
Meresepkan



Memberi harga
Mengukur
Memproduksi



Memproses
Membagi ulang
Membuat program



Memproduksi
Melatih
Menata ulang



Memproyeksikan
Mentransfer
Merekonstruksi



Melindungi

Mencari referensi



Menyediakan

Menggunakan referensi



Mengakitkan

Mereterensikan



Melingkari

Memperbaiki



Menyusun

Menuliskan kembali



MeiTi pert li njukkan

Menspesifikasikan



Mensimulasikan

Merangkum



Mensketsakan

Mengkomposisikan



Memecahkan





Melanggankan





Mentabulasi





Membuat transkrip





Menterjemahkan





Melakukan





Ranah Psikomotor

Mengaktifkan
Mengoreksi
Melonggrakan
Mengalihkan
Menyesuaikan
Mengkreasikan
Membuat
Memecahkan masalah
Menggabungkan
Mendemonstrasikan
Memanipulasi
Menempel
Melamar
Merancang
Mereparasi
Memadankan
Mengatur
Memilah
Mencampur
Menjeniskan
Mengumpulkan
Mclatih
Memmaku
Menjahit
Menimbang
Mengericangkan
Mengoperasikan
Mernpertajam
Memperkecil
Memperbaiki
Menjalankan
Membentuk
Membangun
Mengikuti
Menekan
Mensketsa
Mengkalibrasi
Menggiling
Memproduksi
Memulai
Mcngubah
Mcmcgang
Menarik
Menyetir
Membersihkan
Memalu
Mendorong
Menggunakan
Menutup
Memanaskan
Memindahkan
Menimbang
Mengkombinasikan
Menggantung
Memperbaiki
Membungkus
Memposisikan
Mengidentifikasikan
Menggantikan
Mengemas
Menyambungkan
Mengisi
Memutar

Mengkonstruksi
Menempatkan
Menggirim


Ranah Afektif

Menerima
Menanggapi
Bekerja sama
Menganut
Menghayati
Mernpertanyakan
Bertanggiingjawab
Mengasumsikan langgungjawab
Mengubah
Bertindak
Memilih
Mem ban tu
Meyakini
Menata
Mengubah perilaku
Mengikuti
Mengajukan
Melengkapi
Mengklasifikasikan
Berakhlak mulia
Memberi
Mengkompromikan
Meyakinkan
Mengkombinasikan
Berfilosofi
Menmganut
Menyenangi
Memperjelas
Mempertahankan
Mempengaruhi-
Mematuhi
Menyambut
Membedakan
Membangun
Menimbang masalah
Meminati
Mendukung
Beriman
Membentuk pendapat
Mendengarkan

Menyetujui
Memprakarsai
Menunjukkan dengan
Mengajukan usulan

Menampilkan
Mengundang
Meinadiikan
Mengkualifikasi

Melaksanakan
Menggabungkan
Mengelola
Mempertanyakan'

Menampilkan
Memperjelas
Menimbang alternatif
Melayani

Melaporkan
Berperanserta
Menegosiasi
Menunjukka kematangan/kedewasaan

Memilih
Mengusulkan
Berembuk
Memecahkan

Mengatakan
Menekankan
Bersilang pendapat
Membuktikan kembali

Membuat pertanyaan
Berbagi



Memilah
Menyumbang



Menolak
Bekerjakeras




Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Labels

Text Widget

Blogroll

Recent News

Powered by Blogger.
back to top