Ads

Ads

Jumat, 15 Juli 2016

BAB I - PTS RPP Saintifik

Posted by Unknown at 21.30.00 0 Comments

BAB I

PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang

Konsekuensi logis dari diberlakukannya Kurikulum 2013 berdampak pada perubahan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Implementasi kurikulum 2013 di lapangan menuntut adanya komitmen, kemampuan dan kesiapan sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 secara benar. Ciri khusus dari Kurikulum 2013 adalah pada proses pembelajaran saintifik, sehingga guru dituntut mampu merencanakan pembelajaran saintifik dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 tahun 2008 tentang Guru, pasal 52 ayat (1) menyatakan bahwa kewajiban pokok guru yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil belajar, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok, misalnya menjadi pembina pramuka, pembimbing kegiatan karya ilmiah remaja, dan guru piket.
Berdasar pada tugas pokok yang pertama yaitu merencanakan pembelajaran, guru wajib menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada awal tahun atau awal semester. Bagi sekolah pilot project implementasi Kurikulum 2013 penyususunan RPP harus mengacu pada Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses dan Peremendikbud No.81A lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran yang menyatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan sintak mengamati, menanya, megumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, maka guru harus menyusun RPP yang mencerminkan pelaksanaan proses pembelajaran saintifik.
Karena kurangnya pemahaman terhadap pedoman penyusunan RPP saintifik maka masih banyak guru kesulitan dalam menyusun RPP saintifik, hal ini terjadi juga pada guru ekonomi, akibatnya pembelajaran mata pelajaran ekonomi berlangsung tidak seperti yang diharapkan, apabila dibiarkan tentu akan mempengaruhi kualitas pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran saintifik. Untuk mengantisipasi adanya permasalahan tersebut pengawas perlu melakukan pembimbingan dan pendampingan pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 secara kontinyu dan efektif khusunya dalam menyusun RPP saintifik.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian tindakan sekolah yang dapat membantu guru menyusun RPP saintifk. Sebelum memberikan pembimbingan, peneliti sebagai pengawas sekolah melakukan survey tentang kemampuan guru menyusun RPP saintifk. Hasil survey menunjukkan bahwa sebagian besar guru ekonomi belum mampu menyusun RPP saintifik dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil survey bahwa dari 10 guru pada 5 (lima) SMA sebagai pilot project Kurikulum 2013 yaitu SMA Negeri 1 Pati, SMA Negeri 2 Pati, SMA Negeri 3 Pati, SMA Negeri 1 Juwana dan SMA Negeri 1 Tayu, dari sebanyak 10 guru tersebut  2 guru atau 20% guru menyusun RPP Saintifik dalam kategori kurang baik, 4 guru atau 40% guru yang mampu menyusun RPP Saintifk dengan kategori cukup baik dan 4 guru atau 40% mampu menyusun RPP Saintifik dengan kategori baik.
Berdasarkan kenyataan diatas, rendahnya kemampuan guru mata pelajaran Ekonomi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Saintifik perlu dilakukan suatu tindakan  dengan mengoptimalkan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ekonomi di sekolah dengan pembimbingan pengawas, maka kemampuan guru dalam menyusun RPP saintifik dapat ditingkatkan, berdasarkan uraian diatas, penulis berusaha melakukan penelitian tindakan sekolah dengan judul “Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Saintifik Dengan Metode Bimbel Bagi Guru Ekonomi SMA Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014”

B.       Pembatasan Masalah

Pembimbingan kepada guru dalam menyusun RPP merupakan salah satu tugas pengawas sekolah di bidang supervisi akademik. Perlu diketahui bahwa tugas pengawas sekolah adalah melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial. Oleh karena itu pengawas sekolah wajib memberikan bimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran Ekonomi dalam menyusun RPP saintifik. Penelitian ini hanya akan membahas tentang upaya peningkatan kemampuan guru mata pelajaran Ekonomi dalam menyusun RPP saintifik melalui MGMP dengan metode ‘BIMBEL’ khususnya pada SMA Pilot Project Kurikulim 2013.

C.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahan yang muncul dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah kemampuan guru mata pelajaran Ekonomi dalam menyusun RPP Saintifik semester gasal Tahun Pelajaran 2013/2014?
2.    Apakah melalui BIMBEL’ pada kegiatan MGMP sekolah dapat meningkatkan kemampuan Guru Ekonomi dalam menyusun RPP Saintifik Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014?
Kedua masalah di atas akan dipecahkan dengan melakukan penelitian tindakan terhadap Guru Ekonomi SMA Pilot Project Kurikulum 2013 di Kabupaten Pati, Semester Gasal Tahun 2013/2014. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut di atas adalah dengan melakukan pembimbingan kepada guru mata pelajaran Ekonomi melalui MGMP Sekolah dengan metode ‘BIMBEL’ yang merupakan suatu kegiatan yang meliputi bimbingan, membuat, evaluasi dan laksanakan. Kegiatan pembimbingan dilakukan secara langsung artinya peneliti langsung face to face dengan guru dan dilaksanakan pada hari MGMP sehingga tidak mengganggu tugas guru dalam mengajar.

D.      Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk:

1.    Mengetahui sejauh mana kemampuan guru mata pelajaran ekonomi dalam menyusun RPP saintifik semester gasal Tahun Pelajaran 2013/2014?
2.    Mengetahui hasil pembimbingan oleh pengawas dengan metode ‘BIMBEL’ terhadap  guru ekonomi SMA Pilot Project Kurikulum 2013  yang dapat menyusun RPP saintifik.

E.       Manfaat Penelitian

Berdasarkan tujuan yang akan dicapai, maka hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi:
1.    Bagi guru dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) saintifik semester gasal Tahun Pelajaran 2013/2014.
2.    Bagi sekolah adalah tersedianya RPP saitifik mata pelajaran Ekonomi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014  hasil karya guru sendiri sesuai karakteristik peserta didik dan sekolah

3.    Bagi siswa adalah terjadinya proses pembelajaran saintifik yang diharapkan sesuai RPP saintifik yang telah dibuat oleh guru.


Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Labels

Text Widget

Blogroll

Recent News

Powered by Blogger.
back to top