Ads

Ads

Selasa, 03 Mei 2016

KEGIATAN EKONOMI

Posted by Unknown at 21.31.00 0 Comments

 Menurut pendapat kaum klasik bahwa kegiatan ekonomi terdiri dari tiga (tiga) kegiatan pokok, yaitu: kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi

1.      Konsumsi
Konsumsi adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan, mengurangi dan menghabiskan nilai guna barang dan jasa.Tujuannya adalah memperoleh kepuasan setinggi-tingginya dan untuk mencapai kemakmuran dalam arti terpenuhinya berbagai macam kebutuhan.
Konsumen adalah orang atau badan usaha dan pemerintah yang melakukan kegiatan konsumsi

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi
Besar kecilnya konsumsi seseorang atau rumah tangga dipenaruhi beberapa factor sebagai berikut :
a.       Pendapatan
            b.   Tingkat harga
c.   Ketersediaan barang dan jasa
d.      Tingkat pendidikan
e.       Selera

2.      Produksi
Dalam pengertian sederhana, produksi berarti menghasilkan barang/jasa. Menurut Ilmu Ekonomi, pengertian produksi adalah kegiatan menghasilkan barang maupun jasa atau
kegiatan menambah nilai kegunaan/manfaat suatu barang.

Dari pengertian tersebut jelas bahwa kegiatan produksi mempunyai tujuan yang meliputi:

1. menghasilkan barang atau jasa.
2. meningkatkan nilai guna barang atau jasa.
3. meningkatkan kemakmuran masyarakat.
4. meningkatkan keuntungan.
5. memperluas lapangan usaha.
6. menjaga kesinambungan usaha perusahaan.

3.   Distribusi
Distribusi artinya proses yang menunjukkan penyaluran barang dari produsen sampai ke tangan masyarakat konsumen. Produsen artinya orang yang melakukan kegiatan produksi. Konsumen artinya orang yang menggunakan atau memakai barang/jasa dan
orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.
Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani kegiatan produksi dan konsumsi. Berkat distribusi barang dan jasa dapat sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian kegunaan dari barang dan jasa akan lebih meningkat setelah dapat dikonsumsi.

B.     Pelaku Ekonomi

            Pernakah anda membayangkan bagaimana sebuah produk dibuat? Pasti dalam benak kalian yang membuat adalah perusahaan, dari mana bahan bakunya, tenaga kerjanya, modalnya dan siapa yang mengelola. Dan untuk siapa produk itu dibuat, produk barang dan jasa untuk pemenuhan kebutuhan manusia merupakan hasil interaksi dari peran  pelaku-pelaku ekonomi, antara lain:
      1.   Peran Rumah Tangga Konsumen ( RTK)
            Peran rumah tangga konsumen antara lain:
a.       Penyedia faktor produksi, yaitu sumber daya alam, sumber  daya manusia, sumber daya modal dan kewirausahaan.
b.      Mendapat imbalan (balas jasa)
Sebagai penyedia faktor faktor produksi, maka RTK akan menerima balas jasa.
- Pemilik tanah menerima uang sewa
- Tenaga kerja menerima uang gaji
- Pemilik modal menerima bungan modal
- Kewirausahaan mendapatkan laba
c.       Bertindak sebagai konsumen
Konsumen adalah pelaku ekonomi yang  kegiatannya mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang dan jasa. Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan penyediaan faktor produksi akan dipergunakan untuk membeli barang dan jasa, selain itu pendapatannya juga untuk membayar pajak dan diperguankan untuk menabung.
2.   Peran Rumah Tangga Produsen
Rumah tangga produsen adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan produksi yaitu yang bertugas mengelola faktor faktor produksi untuk diolah menjadi barang atau jasa yang diperlukan oleh konsumen. Peran rumah tangga produsen antara lain:
a.       Sebagai penghasil barang dan jasa
Barang dan jasa yang dihasilakan oleh rumah tangga produsen kemudian disalurkan ke beberapa kelompok pelaku ekonomi lain, yaitu:
1.      Rumah tangga konsumen
2.      Rumah tangga negara
3.      Masyarakat luar negeri
b.      Sebagai pengguna faktor produksi
Untuk menambah nilai guna barang dan jasa, produsen memerlukan faktor –faktor produksi, untuk itu produsen harus memberikan balas jasa kepada para pemilik faktor produksi. Uang yang dikeluarkan untuk balas jasa tersebut merupakan biaya produksi.

c.       Sebagai agen/penggerak pembangunan
Rumah tangga produsen selain membuat barang dan jasa yang diperlukan oleh konsumen, juga berperan sebagai motor penggerak roda kegiatan ekonomi. Misal dengan adanya permintaan bahan baku akan menciptakan penerimaan disktor rumah tangga konsumen, juga permintaan tenaga kerja akan mengurangi pengangguran.
  1. Peran Rumah Tangga Negara (RTN)
Peran rumah tangga ditunjukkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum dan mengatur agar terjadi interaksi yang sehat antara para pelaku ekonomi sehingga akan diperoleh kondisi ekonomi yang stabil. Peran ruamh tangga negara (pemerintah) antara lain:
a.   Mengatur kegiatan ekonomi
    1. Membuat perencanaan kegiatan ekonomi jangka pendek maupun jangka panjang untuk mengarahkan kondisi ekonomi agar berjalan dengan baik.
    2. Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh masyarakat
    3. Menetapkan peraturan perundangan agar kegiatan ekonomi dapat stabil
    4. Pengawasan kegiatan-kegiatan ekonomi agar berjalan sesuai yang diharapkan
b.      Sebagai konsumen
Pemerintah juga memerlukan barang dan jasa dari rumah tangga perusahaan untuk menjalankan roda pemerintahaannya. Juga memerlukan faktor produksi misal tenaga kerja untuk pegawainya.
c.       Sebagai Produsen
Selain sebagai konsumen, pemerintah juga bertindak sebagai produsen. Kegiatan produksi pemerintah dikhusukan pada barang dan jasa yang sifatnya strtegis dan menguasai hajat hidup orang banyak. Tetapi kegiatan produksi ini diserahkan pada perusahaan yang modalnya dari pemerintah atau yang biasa disebut BUMN (Badan Usaha Milik Negara), misalnya PT. PLN, PT Pertamina, PT. Telkom , PT Bank BNI 46 dan sebagainya.

  1. Peran Masyarakat Luar Negeri.
Dewasa ini tidak ada satu negarapun didunia yang tidak melibatkan masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonominya. Peran masyarakat luar negeri sangat diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan akan barang dan jasa yang belum dapat dihasilkan oleh produsen dalam negeri, juga sebagai pasar produk jika pasar dalam negeri sudah jenuh , sehingga akan terjadi yang namanya perdagangan internasional atau lintas negara (ekspor-impor). Peran masyarakat luar negeri antara lain:
a. Kegiatan eksport import barang dan jasa
b. Kegiatan  aliran modal
c. Kegiatan pertukaran tenaga kerja 




Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Labels

Text Widget

Blogroll

Recent News

Powered by Blogger.
back to top