Ads

Ads

Rabu, 13 Juli 2016

Abstrak PTS RPP Saintifik

Posted by Unknown at 19.42.00 0 Comments

ABSTRAK

Judul:       PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP SAINTIFIK
DENGAN METODE BIMBEL BAGI GURU EKONOMI SMA KABUPATEN PATI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru Ekonomi SMA Piloting Project Kurikulim 2013 dalam menyusun RPP Saintifik dengan metode Bimbel. Berdasarkan hasil observasi kunjungan kelas pada semester I tahun pelajaran 2013/2014, diperoleh data awal kemampuan guru ekonomi dalam menyusun RPP saintifik sebanyak 20% guru hasilnya kurang baik, 40% cukup baik dan 40% hasinya baik, secara keseluruhan hasilnya kurang optimal.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA pilot project kurikulum 2013 di Kabupaten Pati, yang terdiri  atas: SMAN 1 Pati, SMAN 2 Pati, SMAN 3 Pati, SMAN 1 Juwana dan SMA 1 Tayu dengan subjek penelitian guru-guru mata pelajaran ekonomi. Bentuk penelitian adalah  penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, guru yang memperoleh nilai kurang baik tidak ada atau 0%, guru yang memperoleh nilai cukup baik 2 guru atau 20%, baik 5 guru atau sebanyak 50% sedangakan amat baik baru 3 guru atau sebanyak 30% dan pada siklus II sudah meningkat secara signifikan hal ini dibuktikan dari 10 guru yang mendapat nilai amat baik sudah 8 orang guru atau sebanyak 80% dan 20% kategori baik, sedangkan guru yang memperoleh nilai cukup baik dan kurang baik sudah tidak ada.
Berdasar pengalaman selama memberikan bimbingan penyusunan RPP saintifik penulis memberikan rekomendasi: 1) Kepala sekolah dan pengawas sekolah serta guru sasaran Kurikulum 2013 harus memiliki komitmen yang tinggi untuk mensukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013, 2) Pengawas sekolah harus melakukan pembimbingan sekaligus pendampingan secara langsung selama periode tertentu sampai guru siap, sehingga Implementasi Kurikulum 2013 dapat berhasil dengan baik. 3) Pengawas dan Kepala Sekolah harus memelihara semangat guru dan rasa


 Kata kunci : Kurikulum 2013, RPP Saintifik, Permendikbud No.65 dan 81A tahun 2013

Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Labels

Text Widget

Blogroll

Recent News

Powered by Blogger.
back to top